Senin, 18 Oktober 2010

Tidur dan daya ingat?

Baru nyari-nyari berita eh gak sengaja nemu sebuah artikel yang ternyata eh ternyata kalau di baca-baca itu sitra alami 
begini bunyi artikelnya :



Begadang sekarang sepertinya telah menjadi gaya hidup yang diterima sebagai hal yang biasa dalam masyarakat kita. Alasannya mungkin karena menyelesaikan pekerjaan yang tidak sempat dikerjakan siangnya, belajar dengan sistem kebut semalam karena ujian keesokan harinya, atau malah karena ingin dugem sampai pagi. Namun sebenarnya tidur malam adalah hal yang penting dan diperlukan oleh tubuh kita. Kali ini, ditemukan fakta bahwa tidur yang cukup bisa mempertajam daya ingat kita.
Baru-baru ini para peneliti dari Universitas Genewa di Swiss menunjukkan hasil temuan mereka yang melibatkan sekelompok partisipan mengenai hubungan antara tidur malam dan daya ingat dalam Konferensi Masyarakat Federasi Neuroscience Eropa.
Pada penelitian ini para partisipan harus mengingat gambar yang ditunjukkan oleh peneliti. Mereka juga diminta untuk menghubungkan titik-titik yang bergerak di layar komputer menggunakan joystick. Pada malam hari, sebagian dari mereka diperbolehkan tidur malam secara normal, sedangkan yang lainnya hanya boleh tidur siang.
Keesokan harinya, seluruh partisipan diminta lagi untuk mengikuti titik-titik pada layar dan menyebutkan gambar, sementara otak mereka dipasang sejenis alat pemantau.
Seperti yang bisa ditebak, partisipan yang tidur cukup di malam hari memiliki kemampuan mengingat lebih baik dibandingkan mereka yang kurang tidur!
Walau masih perlu penelitian lebih lanjut, kepala penelitian Dr. Sophie Schwartz menyimpulkan, tidur malam dapat memperkuat hubungan antar sel syaraf otak yang berperan penting dalam proses belajar dan mengingat.
Sepertinya mulai sekarang kita kudu tidur lebih awal dan menghindarkan kegiatan begadang supaya nggak cepat pikun!
sumber : http://www.kapanlagi.com/a/0000006013.html

jadi kalau di telaah lebih jauh lagi yang mengakibatkan sitra sering lupa banyak hal itu mungkin karena kurangnya tidur malam yang disebabkan oleh insomnia yang selalu datang tiap malam.
Berarti mulai sekarang harus bisa tidur lebih awal biar gak pikun lebih lanjut......:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar