Rabu, 24 Oktober 2012

Cita-Cita

Terinspirasi dari sebuah film yang menurutku begitu bagus pengemasannya. Good job for film director and producer Eugene Panji.


Yups kalau boleh jujur sebenarnya aku sendiri masih abu-abu dengan cita-citaku :')
Sebelum banyak bicara, mari kita renungkan lebih dalam definisi dari cita-cita.
Dari hasil pencarian inilah definisi cita-cita yang ku temukan:


1. keinginan (kehendak) yg selalu ada di dl pikiran: ia berusaha mencapai 
source: kbbi3
2. tujuan yg sempurna (yg akan dicapai atau dilaksanakan): untuk mewujudkan ~ nasional kita, kepentingan pribadi harus dikesampingkan;
source: kbbi3



Yup dari definisi tersebut jika dihubungkan dnegan film "Cita-citaku Setinggi Tanah", pesan dari eyang putrinya si agus "Cita-cita itu gak harus satu, boleh lebih dari satu bahkan banyakpun boleh"

Dari film itu juga aku bisa melihat bahwa sebenarnya cita-cita itu adalah hal yang sangat sederhana, yak sangat sederhana, tapi untuk mewujudkan cita-cita itu memerlukan perjuangan yang cukup berat.

Kenapa aku bilang sederhana dan menggapainya perlu perjuangan, dari film itu ke empat anak itu memiliki cita-cita yang sangat sederhana:

1. Jono
Bercita-cita sebagai seorang tentara, karena keinginan kuatnya itu dia berlatih menjadi tentanra dimanapun dan kapanpun, bahkan ketika dia sedang mengurus ayam-ayamnya dia juga berlatih menjadi seorang tentara, dengan gaya tentara yang siap berperang :)

2. Puji
Cita-cita anak ini sangaaaat sederhana yaitu "membuat orang lain bahagia" begitu sederhananya cita-citanya, tapi apakah untuk mencapanya juga sederhana?
Tentu tidak, tidak semua maksud baik kita mendapat tanggapan baik dari orang lain, tapi puji tetap berusaha untuk menolong orang lain di manapun dan kapanpun dengan tujuan membuat orang itu bahagia :)

3. Mey
Gadis kecil ini bercita-cita menjadi seorang artis/selebritis dengan alasan dia ingin menjadi terkenal.
Usaha apa yang dilakukan gadis kecil ini? yak usaha yang dia lakukan juga "cukup berat" karena dia mendapat hinaan dari teman-temannya yang mengatakan "mana mungkin anak desa bisa jadi artis?" tapi dia tetap dengan tekatnya menjadi seorang artis, dia berlatih berakting setiap hari, dan selalu mempersiapkan dirinya jika dia benar-benar menjadi artis :)

dan yang terakhir dan menajdi bintang utama
4. Agus
Cita-cita Agus lebih sederhana lagi.
Agus yang kesehariannya sarapan, makan siang sampai makan malam hanya makan tahu bacem, dia bercita-cita makan di rumah makan padang :). Sungguh sederhana bukan?
Tapi karena Agus bukan dari keluarga berada dia harus mencari segala macam cara untuk mendapatkan duit secara halal, yups anak sekecil itu harus kerja kesana kemari hanya untuk bisa makan nasi padang. Tapi sebenarnya agus juga memiliki cita-cita yang lain, apakah itu? tontonlah film inspiratif ini :) dijamin gak kecewa.

Sesederhana itu yang namanya cita-cita, melihat dari cita-cita puji sungguh benar-benar keinginan yang sangat mulia.
Dan jika kita lihat dari cita-cita agus, mungkin cita-cita agus itu bagi sebagian dari kita mungkin itu hal yang sangat mungkin untuk kita lakukan, tapi bagi agus hal itu sangat sulit untuk diwujudkan.  Seperti kata puji kepada agus "gus gus cita-citamu itu rendah tapi susah buat wujutinnya". Tapi dengan tekat dan usaha keras nya agus dapat mewujudkan semua itu.

Apakah kita melakukan hal yang sama dengan agus? apakah kita sudah mengupayakan semaksimal mungkin untuk mencapai cita-cita kita?
Atau apakah ada yang sama sepertiku, yang masih merasa abu-abu dengan cita-citanya sendiri?

Apapun jawabannya mari lakukan yang terbaik untuk keinginan, tujuan dan cita-cita kita. Jika kita merasa takut gagal pada satu tujuan kita boleh membual plan b, asal kita tetap fokus pada tujuan kita :)

Mengingat kata-kata dari Mbah Tapak di film "Cita-citaku Setinggi Tanah" :
" Cita-cita itu bukan untuk ditulis tapi untuk di wujutkan"
" Rejeki itu gak akan pergi, hanya menunggu waktu yang tepat untuk kembali"

Hmmmmm film yang sangat mengena bagiku,
Apapun cita-cita kalian tetap semangat dan fokus, raihlah cita-citamu itu :))



1 komentar: