Sabtu, 13 Oktober 2012

Permainan Masa Kecilku

Yuk kita bernostalgia ..........
Khususnya bagi yang dilahirkan pada tahun 1980an atau sebelumnya.
Inget gak sih permainan apa saja yang dulu sering kita mainkan?
Yuk kita inget satu persatu

1.  Lompat tali

Lompat tali ini dulu begitu kondangnya dari anak cewek sampai cowok semua main ini, tapi biasanya cowok pada gengsi untuk memainkan ini.  Permainan ini bisa dimainkan secara berkelompok atau indiviu.  Permainan ini ada tingkatannya, level pertama "sedengkul" kemudian "sepinggang" , "seudel", "sedada", "sekuping" , "sekepala", "sekilan", dan "semerdeka".  Apabila ada yang tidak mampu melampaui tingkatan itu bisa menggunakan bantuan, bila dilakukan individu maka dapat menggunakan bantuan "jentik" dan "koprol" , namun bila dilakukan berkelompok dapat menggunakan bantuan "mbok-mbokan".
Apabila semua level sudah tercapai maka tahapan berikutnya adalah "yeye".  Apa itu "yeye" yah gampangannya adalah kaki yang menari-nari diatas tali karet.  Ada 4 tahapan "yeye" yang pertama "sedada", kemudian "seudel" "sepinggang" dan "sedengkul" yang jenisnya semakin naik levelnya maka semakin susah.  Apabila semua tahapan sudah mampu diselesaikan dnegan baik terlebih dahulu maka dialah pemenangnya.

2.  Engklek

Bahasa Indonesianya engklek apa ya? ah gak pentinglah karena setiap daerah memiliki bahasanya masing-masing kok.
Engklek ini ada bermacam-macam tipe, ada yang namanya "engklek taplak", "engklek kipas", "engklek pesawat" , dll.
Dalam permainan ini pemenang adalah orang yang bisa membuat sawah paling banyak dantara permain yang lain.  Sawah diperoleh dengan melemparkan "kunci" (yang biasanya menggunakan pecahan genteng atau keramik, dsb)  setelah menjalankan permainan sesua dengan tipenya.

3.  Bom-boman

Yak ini permainan yang simple yang dilakukan oleh dua orang yang sedang bosan.
Permaianan ini hanya menggunakan kertas yang dilipat jadi 2 dan di kedua sisi kertas tersebut digambari orang dan rumah, kemudian disisi lain kertas/dibalik kertas dibuat bom yang hanya dengan membuat bundaran dengan pulpen hingga menembus sisi lawan.  Apabila bom mengenai rumah atau orang milik lawan maka orang/rumah itu diberi tanda.  Pemenang adalah yang dapat mengebom paling banyak.

4. Gobak sodor

Permainan ini dilakukan berkelompok biasanya 2 kelompok.  Satu kelompok berjaga pada setiap garis ruang dan kelompok yang lain berusaha lolos dari pegangan lawan untuk menuju gars finish.  Kelompok penjaga hanya boleh melalui garis dan tidak boleh memasuki ruang.  Pemenang adalah yang paling banyak meloloskan diri.

5. Dhelikan/Petak Umpet

Permaian ini dilakukan individu dan dari hompimpa awal yang kalahlah yang berjaga sedangkan yang lain bersembunyi agar tidak dapat diketahui sang penjaga.  Jika sipenjaga menemukan orang yang bersembunyi maka dia akan berlari ke tembok tempat dia berjaga sambil menyebutkan nama yang ketahuan itu dan menepukkan tangan ke diding itu dengan menyerukan nama yang ketahuan dan "jepong".  Apabila ada pemain (yang bersembunyi) dapat mengelabui penjaga dan "menjepong" tempat berjaga maka si penjaga maka permaian di ulang kembali dan si penjaga bertugas menjaga lagi.  Tapi bila semua dapat ditemukan oleh penjaga maka yang bergantian menjaga adalah orang yang pertama ketahuan tempat persembunyiannya.    Dalam permaianan ini dicari yang kalah, yang kalah adalah yang paling banyak berjaga.



Sebenarnya mash banyak lagi permainan masa kecilku yang asik-asik, tapi kita lanjut lain waktu ya.  Mungkin ada yang mau sharing tentang permaian masa kecil kalian juga boleh.  Apabila ada perbedaan nama permaian mohon dimaafkan ya...karna "lain ladang lain belalang" di sini belalangnya masih yang ijo-ijo itu kalau ditempat kalian gimana? (haishhh kok jadi bahas belalang)

Ya sudahlah
Sampai jumpa lagi

Salam peluk dan cium dari Sitra :*

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar